Mengetahui Cara Mengatasi Pusing Saat Hamil

06.12
Penyebab pusing selama kehamilan itu bisa karena beberapa hal. Diantaranya karena pada awal kehamilan, tubuh wanita mulai banyak memproduksi hormon progesteron. Ketika tubuh kelebihan hormon progesteron maka itu dapat menurunkan tekanan darah dan menyebabkan pembuluh darah terbuka. Fungsinya untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. 

Nah Ketika tekanan darah anda rendah biasanya wanita hamil akan merasakan pusing. Jadi ketika anda hendak berdiri pada posisi duduk cobalah untuk perlahan saat berdiri karena ketika duduk tekanan darah anda tinggi dan ketika berdiri tekanan darah itu melambat. Dan juga ketika anda ingin bangkit dari posisi tidur, cobalah untuk duduk satu atau dua menit sebelum berdiri. Cara ini bisa mengurangi perubahan tekanan darah. Selain itu, yang harus ibu ingat adalah jika anda hamil pada musim panas hindari terlalu sering berolahraga atau  mandi air panas untuk menghindari pingsan atau pusing.

pusing saat hamil rubah posisi tidur samping


Yang harus Bunda tahu adalah bahwa semakin besar kandungan pada trimester kedua dan ketiga maka semakin besar pula tekanan pada bagian bawah jantung (vena cava inferior). Hindari tidur terlentang karena meningkatkan tekanan pada vena ini, akibatnya akan mengurangi tekanan darah dan membuat menjadi rasa pusing dan mual. Disarankan tidur menyamping bisa kekiri atau ke kanan.

Dehidrasi dan Anemia

Dehidrasi juga bisa menyebabkan pusing saat hamil. Kurang minum air putih atau anda melakukan kegiatan yang berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi. Sedangkan anemia adalah kekurangan sel darah merah, itu mungkin disebabkan karena kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin atau lainnya dalam makanan. Anemia ini juga bisa menyebabkan pusing selama kehamilan anda.

Cara Mencegah Pusing Selama Hamil

  1. Makan makanan bergizi
  2. Sering makan lebih baik daripada makan banyak
  3. Minum cukup air putih
  4. Hindari ruangan yang panas / terik matahari
  5. Tidur miring ke kiri
  6. Berdiri perlahan
  7. Jangan berdiri untuk waktu yang lama
  8. Mengambil vitamin prenatal atau suplemen vitamin hamil
  9. Hindari stres
  10. Jangan terlalu sering mandi dengan air panas

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Merasa Pusing


Jika Bunda mengalami tanda-tanda seperti badan terasa hangat, berkeringat, pucat, atau merasa mual, bunda harus segera duduk atau berbaring posisi miring ke kiri. Ketika pusing sudah berkurang cobalah minum air atau makanan ringan. Jika anda mungkin pusing disebabkan oleh udara yang sangat panas cobalah pindah ke daerah yang lebih dingin dengan sirkulasi udara yang baik.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔